New - TBW - Kopra Cash Management

Kopra Cash Management

Apakah Kopra Cash Management (KCM)?

Merupakan aplikasi elektronik berbasis internet yang ditujukan kepada perusahaan segmen wholesale untuk melakukan aktivitas keuangannya. Dengan menggunakan jaringan koneksi yang aman, KCM memberikan kemudahan bagi nasabah untuk pemantauan rekening bank dan melakukan berbagai jenis transaksi keuangan yang dapat diakses melalui link  https://mcm2.bankmandiri.co.id/ atau portal Kopra pada link https://kopra.bankmandiri.co.id. Sebelumnya aplikasi Kopra Cash Management (KCM) bernama Mandiri Cash Management 2.0 yang merupakan generasi kedua dari Mandiri Cash Management. 

Apakah manfaat Kopra Cash Management (KCM)?

  • Fleksibilitas dan efisiensi waktu: Proses transaksi perbankan secara realtime online.

  • Keamanan transaksi: Proses pembuatan dan otorisasi transaksi dilakukan secara berjenjang.

  • Penyimpanan data secara elektronik: Kemudahan dalam pemantauan dan pengarsipan data finansial

Siapakah yang bisa menggunakan KCM?

Nasabah perusahaan

Bagaimana cara mendaftar layanan KCM?

  • Menghubungi tim sales Transaction Banking Wholesale Bank Mandiri, atau

  • Menghubungi cabang atau tim Transaction Banking Region pada masing-masing wilayah di Bank Mandiri.

Apa saja fitur layanan KCM?

  • Dashboard: Menu di halaman home screen setelah anda login, yang dapat diatur sesuai keinginan user seperti menu yang sering diakses, overview status transaksi kalender, news dll. Tampilan dashboard dapat di customized sesuai keinginan masing-masing user dengan menekan “Customize Dashboard” pada sebelah kanan.
  • Account: Berisi sub menu terkait informasi rekening yang telah didaftarkan di KCM seperti Account List, Today’s Balance, Balance History, Account Statement, Advice Printing.

    • Apa itu Account List? Fitur untuk melihat keseluruhan account yang sudah terdaftar.

    • Jenis rekening apa saja yang dapat didaftarkan di KCM?

      • Giro

      • Tabungan

      • Pinjaman

      • Deposito

    • Apa itu Today’s Balance? Menu untuk melihat posisi saldo hari ini. 

    • Apa itu Balance History? Menu ini digunakan untuk melihat posisi saldo pada periode tertentu (maksimal 12 bulan dengan periode inquiry 1  bulan).

    • Apa itu Account Statement (Rekening Koran)? Menu ini memberikan kemudahan bagi Anda untuk melihat dan mengunduh rekening koran hari ini atau hari sebelum-sebelumnya dari masing-masing rekening yang terdaftar di KCM baik dalam format cetak maupun MT940.

    • Berapa lama data yang dapat ditampilkan di Account Statement KCM? Periode waktu yang dapat ditampilkan dan diunduh yaitu maksimal 31 hari. Data yang tersedia pada KCM yaitu sampai dengan 1 tahun ke belakang.

    • Apakah Account Statement bisa diunduh? Account statement dapat dilihat pada website dan dapat diunduh dalam format MT940 (History), PDF, CSV dan XLS. Pencarian bisa dilakukan berdasarkan tanggal.

    • Apa itu rekening koran bulanan (monthly account statement)? Menu ini memberikan kemudahan bagi Anda untuk melihat dan mengunduh rekening koran dari masing-masing rekening yang terdaftar di KCM secara bulanan dengan maksimal periode selama 12 bulan. 

    • Apakah report overview itu? Menu ini memudahkan user untuk mengetahui file laporan yang sudah diunduh. Selain melalui menu Report Overview, anda dapat juga mengakses Report Overview dengan klik logo download di kanan atas layer.

    • Apakah fungsi Advice Printing? Menu ini memberikan kemudahan bagi Anda untuk melakukan pencetakan dan pengiriman advis sebagai notifikasi transaksi tertulis bagi pihak ketiga (counterparty).

  • Transfer
    • Apa itu Transaction Overview? Fitur untuk melihat summary transaksi yang telah dibuat dan status masing-masing transaksi. 

    • Apa itu Single Transfer to Mandiri? Layanan ini memberi kemudahan bagi Anda untuk melakukan aktivitas transfer dana antar rekening Bank Mandiri, baik rekening kelolaan perusahaan yang terdaftar di KCM (on behalf account) maupun rekening pihak ke-3 (3rd party account)

    • Apa itu Transfer ke bank lain (Single Transfer to Other Bank)? Layanan ini memberi kemudahan bagi Anda untuk melakukan aktifitas transfer dana ke rekening Bank lain baik domestik maupun luar negeri, terdapat beberapa pilihan jenis metode yaitu:

      • BI FAST: transfer ke tujuan Bank Domestik dengan mata uang tujuan rupiah, dengan limit transaksi max Rp 250juta/transaksi (per transfer).

      • Online: transfer ke tujuan Bank Domestik dengan mata uang tujuan rupiah, dengan limit transaksi max Rp 50juta/transaksi (per transfer).

      • LLG/ SKN: transfer ke tujuan Bank Domestik dengan mata uang tujuan rupiah, dengan limit max Rp 1Milyar/transaksi (per transfer).

      • RTGS: transfer ke tujuan Bank Domestik dengan mata uang tujuan rupiah, dengan minimum transaksi Rp 100,000,001/transaksi (per transfer).

      • TT: transfer ke tujuan Bank Domestik maupun Luar negeri dengan valuta/ mata uang tujuan Valuta Asing (Non Rupiah).

    • Berapa biaya transaksi BI FAST, Online, SKN/ LLG, RTGS dan TT?

      • BI Fast: biaya transfer Rp 2,500.-/transaksi (sudah termasuk biaya yang ditetapkan oleh Bank Indonesia sebesar Rp19,-)

      • Online: biaya transfer Rp 6,500.-/transaksi

      • LLG/ SKN: biaya transfer Rp 2,900.-/transaksi

      • RTGS: biaya transfer Rp 25,000.-/transaksi

      • TT: Provisi (1/8% dari nominal trx, min $5 – max $50), Cable Fee ($5), Correspondent Fee ($25).

    • Apakah saya bisa transfer ke rekening Bank Mandiri pada hari libur? Bisa, melalui menu Single transfer to Mandiri, Multiple transfer by manual input maupun transfer massal (Multiple transfer by file upload).

    • Apakah saya bisa transfer ke Bank Lain pada hari libur? Transfer ke Bank Lain pada hari libur dapat dilakukan dengan memilih metode transfer BI FAST dan Online. 

    • Apa itu Pembayaran secara manual (Multiple Transfer by Manual Input)?  ​​​​​Layanan ini memberikan kemudahan bagi Anda untuk melakukan mekanisme transfer secara perorangan (one by one) dengan menggunakan transfer inhouse.

    • Apa itu Transfer Massal (Multiple Transfer by File Upload)? Layanan ini memberikan kemudahan bagi Anda untuk melakukan mekanisme transfer secara multiple baik dengan tujuan antar rekening Bank Mandiri (in-house) atau ke rekening bank lain (other bank).

    • Apa itu Manu Pembayaran Gaji (Payroll Priority dan Multi Service)? Layanan ini memberikan kemudahan bagi Anda untuk melakukan mekanisme pembayaran gaji dengan tujuan antar rekening Bank Mandiri (in-house) atau ke rekening bank lain (other bank).

    • Bagaimana cara mendapatkan contoh file upload untuk transaksi massal? Contoh file upload dan petunjuk pengisian dapat di unduh di "Download Template" di setiap menu upload.

    • Jenis File apa saja yang dapat diupload untuk transaksi massal?

      • CSV (comma)

      • TXT (Semicolon)

    • Apakah saya bisa memperbaiki data yang salah di layar KCM tanpa upload ulang? Bisa, melalui fitur bucket (uploaded file list) anda dapat memperbaiki data yang salah tanpa harus melakukan upload ulang.

  • Payment 

    • Apa itu Single Bill Payment? Menu ini memudahkan Anda untuk membayar tagihan dengan memasukkan nomor pelanggan atau nomor lain yang diberikan oleh biller

    • Apa itu Multiple Bill Payment by Manual Input? Menu ini memudahkan anda dalam melakukan pembayaran tagihan secara manual

    • Apa itu Bill Payment Overview? Menu ini digunakan untuk memperlihatkan daftar biller dimana perusahaan memiliki tagihan. Dengan menu ini Anda dapat langsung melakukan pembayaran atau hanya sekedar melakukan pengecekan tagihan.

    • Apa itu Tax Payment Overview? Menu ini mempermudahkan pengguna untuk melihat semua transaksi dalam modul penerimaan negara. Terdapat 2 tipe status pembayar pajak : mengaktifkan ID billing atau pembuatan ID billing, dan status pembayaran pajak. Pengguna dapat melihat 5 catatan transaksi yang dilakukan.

    • Apa itu Single Tax Payment? Menu ini mempermudahkan anda untuk melakukan pembayaran pajak dengan create transaksinya satu persatu perinputan.

    • Apa itu Multiple Tax Payment by File Upload? Layanan ini memberikan kemudahan bagi Anda untuk melakukan pembayaran pajak secara massal lebih dari satu pembayaran wajib pajak.

    • Apa perbedaan antara menu "Tax Payment Inquiry" dengan "Inquiry NTPN"?

      • Tax Payment Inquiry: merupakan menu untuk mengunduh BPN dan NTPN dari transaksi pajak yang dibayarkan melalui menu Single Tax Payment dan Multiple Tax Payment by File Upload di KCM.

      • Inquiry NTPN: menu untuk mengunduh BPN dan NTPN dari transaksi pajak yang dibayarkan melalui channel Bank Mandiri.

  • Receivable

    • Apa itu Auto Debit? Layanan untuk mendebit sejumlah dana dari rekening penerima tagihan guna membayar tagihan dari pemilik tagihan berdasarkan persetujuan yang telah ada sebelumnya dari pemilik rekening. 

    • Apa itu Auto Debit Overview? Summary atau ringkasan transaksi auto debit yang telah di jalankan.

  • Liquidity

    • Apa itu Cash Pooling? Menu ini mempermudah pengguna untuk menarik dana dari sub rekening ke rekening sumber atau rekening yang dikreditkan dari saldo tertentu dalam sub rekening /kredit

    • Apa itu Cash Distribution? Menu ini mempermudah anda dalam mendistribusikan dana ke sub cabang.

    • Apa itu Range Balance? Menu ini memudahkan pengguna untuk melakukan debet atau credit ke akun tertentu sesuai minimum dan jumlah maksimal

    • Apa itu Liquidity Overview? Menu ini mempermudah pengguna untuk melihat atau menampilkan tentang cash pooling, cash distribution, dan range balance dengan mengatur rekening utama dan sub rekening yang akan ditampilkan dalam bentuk chart diagram dan tabel.

  • Lain-Lain

    • Transaction Status: Fitur untuk melihat status transaksi yang telah dibuat. Anda dapat melakukan pengecekkan transaksi tersebut apakah sudah dilakukan proses maker, approver atau releaser serta anda eksekusi apakah sukses atau gagal.

    • KCM Existing Transaction Status: Fitur untuk melihat status transaksi Anda pada KCM versi awal sehingga Anda dapat melakukan pengecekkan status transaksinya. 

    • Token: Alat otorisasi yang sah yang digunakan nasabah dalam menjalankan transaksi di KCM sebagai pengganti tanda tangan. 

    • Siapakah yang wajib menggunakan token? Dalam setiap melakukan approve transaksi, Approver wajib menggunakan token. Sedangkan untuk releaser dan sysadmin optional bisa menggunakan token atau tidak sesuai dengan kebutuhan nasabah. Nasabah dapat memilih untuk menggunakan token fisik atau soft token via mobile phone.  

Apakah nasabah dikenakan biaya untuk dapat menggunakan KCM?

Tidak ada. Untuk dapat menggunakan layanan KCM Nasabah tidak dikenakan biaya administrasi apapun. Nasabah hanya akan dikenakan biaya apabila melakukan transaksi- transaksi tertentu.

Metode transaksi apa saja yang dapat dilakukan melalui KCM?

Melalui KCM, nasabah dapat melakukan transaksi dengan metode single transaction dan bulk transaction menggunakan file upload. 

Browser apa saja yang support KCM?

  • Mozilla Firefox version 69 and higher

  • Google Chrome version 77 and higher

  • Internet Explorer version 11 and higher

  • Opera Browser with latest version

Bagaimana cara login kedalam KCM?

Anda perlu input 3 informasi berikut:

  • Company ID

  • User

  • Password

Bagaimana jika lupa password?

Anda dapat me-reset password anda sendiri di  inim login dengan menekan/ click ‘forgot your password’ atau ‘lupa sandi anda’. Password baru akan terkirim ke alamat email yang terdaftar di KCM atau anda dapat meminta bantuan petugas Bank Mandiri dengan menghubungi 1500-150

Apakah ada ketentuan pembuatan password baru?

Password minimum 6 character dan maximum 10 character, berisi minimal 1 Huruf/Alphabet, berisi minimal 1 Angka/Numeric dan tidak mengandung special character. Kami merekomendasikan kombinasi uppercase dan lowercase. Saat login pertama kali pada KCM, Anda dapat menginput 8 karakter password pertama yang biasa Anda gunakan untuk login pada KCM versi lama.

Bagaimana jika user saya still login?

Ada beberapa opsi yang dapat anda lakukan:

  • Menghubungi pemegang sysadmin (corporate admin) anda untuk dapat 'force logout' melalui menu user.
  • Menghubungi petugas Bank Mandiri di 1500-150 dengan menyebutkan company id dan user anda (jangan pernah menyebutkan password anda termasuk ke petugas Bank Mandiri).
  • Menunggu selama 15 menit, karena otomatis KCM akan force logout user anda.

Bagaimana jika user saya ter-lock?

Ada beberapa opsi yang dapat anda lakukan:

  • Menghubungi pemegang sysadmin (corporate admin) anda untuk dapat 'unlock' melalui menu user

  • Menghubungi petugas Bank Mandiri di Mandiri Call 14000, pilih Bahasa, tekan 4 dengan menyebutkan company id dan user anda (jangan pernah menyebutkan password anda termasuk ke petugas Bank Mandiri).

Bagaimana jika user atau company id saya inactive?

Anda dapat meminta bantuan petugas Bank Mandiri dengan menghubungi Mandiri Call 14000, pilih Bahasa, tekan 4 (jangan pernah menyebutkan password anda termasuk ke petugas Bank Mandiri).

 

Info Lebih Lanjut

Mandiri Call 14000, pilih Bahasa, tekan 4