Tap To Pay R11

Livin'   /   Edukasi   /    Tap to Pay

Tap to Pay di Livin' by Mandiri

Temukan segala kemudahan transaksi finansial di Livin'. Dan pelajari cara penggunaannya di sini.

Aktivasi Fitur Tap to Pay

1

 

Pilih menu Tap to Pay

2

 

Pilih Coba Sekarang

3

 

Pilih jenis kartu debit atau kredit untuk digunakan sebagai sumber dana dengan cara menggeser ke kiri, setelah itu pilih Aktifkan Kartu untuk Tap to Pay

4

 

Masukkan PIN Livin’

5

 

Kartu yang Anda pilih berhasil digunakan sebagai sumber dana untuk Tap to Pay. Untuk bayar pilih Tap di Sini untuk Bayar

Aktivasi Tap to Pay Debit Virtual

1

 

Pilih menu Tap to Pay

2

 

Pilih kartu Virtual lalu Pilih Aktifkan Kartu untuk Tap to Pay

3

 

Pilih Buat PIN Kartu

4

 

Buat PIN Livin' Debit Baru

5

 

Konfirmasi PIN Kartu

6

 

Masukkan PIN Livin'

7

 

Pembuatan PIN Kartu Berhasil kemudian Aktifkan Kartu untuk Tap to Pay

8

 

Masukkan PIN Livin'

9

 

Kartu berhasil diaktifkan untuk Tap to Pay

Cara Melakukan Pembayaran Menggunakan Tap To Pay

1

 

Pilih menu Tap to Pay

2

 

pilih Tap di Sini untuk Bayar

3

 

Ikuti petunjuk yang muncul di layar handphone dengan dekatkan handphone ke mesin pembayaran.

4

 

Konfirmasi status pembayaran di gerai atau merchant dan minta bukti pembayaran. Selesai!

Cara Melakukan Deaktivasi Kartu

1

 

Tekan tombol unlink yang berada di kanan atas, lalu geser ke kiri untuk pilih kartu untuk dinonaktifkan.

2

 

Tekan ikon merah untuk menonaktifkan kartu.

3

 

Pilih Ya, Nonaktifkan

4

 

Kartu berhasil dinonaktifkan

Frequently Asked Questions (FAQs)

Tap to Pay adalah fitur Livin’ by Mandiri untuk memudahkan Nasabah dalam melakukan pembayaran menggunakan kartu debit (Visa) dan kartu kredit (Visa & Mastercard) yang sudah diaktivasi Tap to Pay nya di Livin’ by Mandiri. Nasabah hanya perlu melakukan Tap/mendekatkan HP ke mesin pembayaran (EDC/POS) domestik maupun internasional berlogo contactless.

Saat ini hanya pengguna Livin’ by Mandiri dengan device OS Android dan support fitur NFC yang dapat menggunakan fitur Tap to Pay. Namun, fitur Tap to Pay tidak dapat digunakan untuk device Huawei.

  • Cukup tap handphone, tidak perlu bawa uang tunai atau kartu fisik lagi
  • Bisa digunakan untuk transaksi di Mesin Pembayar (EDC/POS) Domestik dan Internasional berlogo contactless.
  • Keamanan karena melalui Livin’ dan kemudahan transaksi tanpa PIN.

Kartu debit (Visa) dan kartu kredit (Visa & Mastercard) contactless:


*)Kartu debit fisik tidak berlogo contactless tetap dapat digunakan sebagai sumber dana Tap to Pay.

Untuk saat ini belum dapat mengaktifkan kartu GPN atau kartu JCB untuk Tap to Pay.

Apabila kartu tidak muncul pastikan bahwa kartu yang dimiliki sesuai dengan daftar kartu yang dapat digunakan untuk transaksi Tap to Pay dan tidak dalam kondisi terblokir permanen atau expired.
Apabila Kartu terblokir sementara, Nasabah dapat buka blokir sementara melalui Livin’.

Nasabah dapat melakukan transaksi Tap to Pay menggunakan kartu debit/kredit virtual sepanjang kartu telah diaktivasi untuk fitur Tap to Pay dan telah memiliki PIN Kartu.

Rekening yang digunakan untuk transaksi adalah rekening dengan mata uang yang sesuai dengan mata uang yang ditransaksikan. Misalkan, apabila nasabah memiliki rekening USD dan rekening tersebut sudah diatur untuk menjadi rekening sumber pada transaksi internasional, maka saat transaksi USD maka rekening yang terdebet adalah rekening USD.
Apabila nasabah bertransaksi mata uang selain mata uang rekening sumber yang terhubung pada kartu, maka transaksi akan didebet melalui rekening IDR.

Nasabah dapat mengatur daftar rekening terhubung melalui dua cara yitu :

  • Melalui pengaturan kartu
  • Melalui tombol “Atur Rekening” pada halaman awal Tap to Pay

Untuk mengatur rekening terhubung dan aktivasi rekening valas untuk transaksi internasional.

Jika NFC belum diaktifkan, Nasabah akan diinfo untuk dapat melakukan aktivasi NFC terlebih dahulu.

Nasabah akan melihat pesan untuk melakukan Tap ulang dan memastikan untuk tidak mengubah posisi HP pada saat melakukan Tap ke Mesin Pembayaran (EDC/POS).

Kartu Debit dan Kartu Kredit dapat melakukan transaksi Tap to Pay di EDC Mandiri dan berbagai mesin “Tap Reader” Luar Negeri yang sudah memiliki Fitur Contactless (berlogo). Untuk EDC bank lain di dalam negeri, walaupun terdapat logo, tidak semua support Tap to Pay Livin’ by Mandiri.

Untuk saat ini limit transaksi Tap to Pay berbeda tergantung pada jenis kartu yang digunakan dengan rincian:

  • - Kartu Debit : Rp 1.000.000 / hari
  • - Kartu Kredit : Rp 1.000.000 / transaksi

Penggunaan PIN Kartu ditentukan oleh settingan EDC, tidak ditentukan oleh Livin’ by Mandiri.
Adapun ketentuan penggunaan PIN Kartu untuk transaksi Tap to Pay di EDC Bank Mandiri: Untuk transaksi dengan nominal IDR 1.000.000 atau kurang, EDC Bank Mandiri tidak meminta PIN, sedangkan untuk transaksi lebih besar IDR 1.000.000 EDC akan meminta Nasabah untuk memasukkan PIN Kartu yang digunakan (ketentuan dapat berubah sesuai kebijakan yang berlaku).

Untuk transaksi di EDC Bank lain (dalam negeri/luar negeri), limit Transaksi Tanpa PIN Kartu ditentukan oleh EDC (Acquiring)

Nasabah tetap dapat melakukan transaksi Tap to Pay. Namun untuk proses aktivasi kartu untuk Tap to Pay tidak dapat dilakukan karena nasabah perlu memasukkan PIN Livin’ terlebih dahulu untuk melanjutkan proses aktivasi kartu.

Apabila Nasabah sudah mencapai batas maksimum percobaan memasukkan PIN, maka kartu akan terblokir. Oleh karena itu nasabah perlu melakukan penggantian (re-issue) PIN kartu di Livin’ maupun ATM/Cabang atau dapat meneruskan transaksi dengan Kartu lain

Nasabah dapat melakukan aktivasi rekening dormant melalui menu di Livin’ lalu melakukan transaksi menggunakan Tap to Pay.

Apabila resi belum berhasil tercetak, Nasabah dapat meminta ke Kasir untuk melakukan pengecekan riwayat terakhir pada mesin EDC sebelum melakukan permintaan pencetakan ulang resi.

  • Nasabah dapat mengajukan sanggahan (dispute) transaksi berhasil di merchant melalui Mandiri Call Center 14000 dan atau mengirimkan surat pengajuan melalui email ke mandiricare@bankmandiri.co.id
  • Sanggahan transaksi diterima paling lamat 30 hari kalender setelah tanggal cetak tagihan

Di mana pun, kapan pun, apa pun device kamu,

Download Aplikasi Livin’ by Mandiri

Dan dapatkan kemudahan dalam segala urusan finansial sekarang

Aplikasi Livin Mandiri